Laman

Kamis, 13 Januari 2011

UPGREADING LDK LDM UMI



Setelah sebelumnya sukses melaksanakan MUKTAMAR KE-XV pada hari sabtu-ahad, 1 dan 2 Januari 2011. LDK LDM UMI mengawali periode kepengurusan baru ini dengan kembali mengadakan suatu kegiatan perdana yaitu UPGREADING yang berlangsung selama 2 hari pula yaitu dari hari sabtu-ahad tanggal 8 dan 9 Januari. Kegiatan ini dikhususkan bagi pengurus LDK LDM dengan tujuan memperkenalkan dasar-dasar organisasi. Hari pertama kegiatan diawali dengan materi dari Kanda Alex (SC UKM LDK LDM) tentang keorganisasian. Materi ini sangat memberi pengetahuan yang lebih kepada kader-kader LDK LDM UMI tentang organisasi,struktur organisasi,kesekretaritan, tugas-tugas masing-masing anggota mulai dari ketua umum,sekretaris, dan masing-masing koord. departemen. Kemudian materi selanjutnya di bawahkan oleh kanda Zul (mantan ketua LDK LDM UMI) tentang manajemen kepanitiaan.
Materi ini memberikan pengalaman baru kepada kader-kader baru yang baru bergabung bersama LDK LDM UMI. Yang tadinya tidak atau kurang memahami bagaimana memanage suatu kegiatan dengan kepanitiaan yang terstruktur kini menjadi bekal baru dalam melaksanakan agenda kegiatan-kegiatan berikutnya. Dan yang lebih menarik lagi dalam materi ini disisipkan langsung dengan simulasi. Yaitu dengan membagi kelompok yang kemudian diberikan tugas kepada masing-masing kelompok untuk membuat rencana kegiatan dari tahap persiapan, pelaksanaan, dan pasca pelaksanaan. Dengan simulasi ini lebih menambah pemahaman para peserta. Materi kedua telah usai bertepatan kumandang adzan dzuhur. Sebagai LEMBAGA DAKWA KAMPUS IDEOLOGIS maka seluruh peserta segerah bergegas ke masjid guna melaksanakan salah satu kewajiban kepada Allah SWT.

Dzuhur telah selesai, sebelumnya para peserta terlebih dahulu mengisi “bahan” bakar sebab materi selanjutnya menanti hingga pukul 16.00 wita. Materi selanjutnya adalah BUILDING TEAM yang dibawakan oleh kanda Sabran (Mantan Ketua LDK LDM UMI) sekaligus sebagai Motivator kami. Beliau begitu luar biasa membawakan materi yang begitu menginspirasi dan membangkitkan semangat para peserta. Selain itu materi ini bertujuan bagaimana membangun suatu team work yang kokoh. Kutipan yang dapat dipetik adalah “otak tidak pernah berasosiasi dengan kata-kata negatif”. Artinya ketika kata-kata negatif itu masuk ke dalam otak maka ia akan ditolak dan menimbulkan suatu sugesti untuk tidak melakukan apa yang ditarget. Luar biasa......

Untuk hari berikutnya Ahad, 9 januari 2011 tidak kalah menarik materi yang dibawakan. Yaitu materi kewirausahaan yang dibawakan oleh kanda Bahrul Ulum. Bagian yang paling menarik perhatian dari peserta adalah simulasi. Peserta diberi permainan usaha-usahaan dalam bentuk simulasi diamana dibaagi 4 kelompok yang terdiri dari 3 kelompok akhwat dan 1 kelompok ikhwan. Simulasi ini memberi pelajaran kepada seluruh peserta bagaimana mengelola suatu bisnis dengan baik sehingga menghasilkan keuntungan. Dalam konteks organisasi hal ini sangat bermanfaat sekali sebagai sumber kelangsungan dari oraganisasi tersebut. Materi kedua dan ketiga masing-masing dibawakan oleh kanda Ending (karyawan fajar) yang membawakan materi manajemen opini dan kanda Idil yang membawakan materi Manajemen dakwah.


Tunggu...dalam waktu dekat LDK LDM UMI akan mengadakan kegiatan DIALOG INTELEKTUAL MAHASISWA (DIM), yang akan menghadirkan elemen-elemen pergerakan yang berdiskusi secara intelektual tentang masalah kekinian dan solusi apa yang diberikan atas masalah tersebut. Peserta dari acara ini adalah mahasiswa UMI dan eksternal (wilayah makassar).

Galeri Upgreading UKM LDK LDM UMI 2011









3 komentar:

  1. Apa nabikin itu Ilham, Alang sama Rustam??... mereka berakhir secara tragis, maklum didiskualifikasi.. haha

    BalasHapus